BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
TINGKATKAN IP ASN, BKPSDM GELAR BIMTEK PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEDIKLATAN

15 March 2023



 

Dalam rangka meningkatkan kualitas Indeks Profesionalitas (IP) ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang serta memenuhi Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang, bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi Kediklatan Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di Shanaya Resort Karangploso pada Rabu-Kamis (15-16/3/2023) ini diikuti oleh Kepala Sub Bagian Umum Kepegawaian dan atau pejabat yang menangani kepegawaian di perangkat daerah atau kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

 

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. Dalam sambutannya Wahyu mengatakan, Kabupaten Malang saat ini terus berupaya melakukan perbaikan dalam pengelolaan manajemen ASN. Meskipun saat ini Kabupaten Malang telah meraih penghargaan kategori baik dalam penerapan Sistem Merit namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk meningkatkan sumber daya ASN Kabupaten Malang yang berkualitas dan berdaya saing salah satu di antaranya adalah dengan upaya memfasilitasi terlaksananya diklat bagi ASN untuk memenuhi target 20 JP bagi pengembangan kompetensi ASN.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan bimtek pengelolaan administrasi kediklatan di Kabupaten Malang. Menurut Aries, berdasarkan pengalamannya berkeliling 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, saat ini hanya sekitar 30% saja Kabupaten/Kota yang kepala daerahnya memikirkan pentingnya pengembangan kompetensi bagi kinerja ASN. Padahal pemerintah memiliki kewajiban untuk memenuhi hak ASN untuk mendapat pengembangan kompetensi sebanyak 20 JP.  Sehingga penyelenggaraan bimtek ini menurutnya merupakan bagian dari keinginan besar untuk bersama-sama memikirkan bagaimana IP ASN di Kabupaten Malang bisa meningkat yang tentunya juga seiring dengan meningkatnya ilmu yang didapat oleh para ASN.

 

Lebih lanjut Aries menambahkan bahwa permasalahan anggaran yang umum menjadi hambatan dalam pelaksanaan sebenarnya dapat diatasi dengan pemanfaatan teknologi. Aries merujuk pada pelaksanaan ASNBelajar yang digagas oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur yang awalnya hanya menyasar ASN di lingkungan Provinsi Jawa Timur saja dalam perkembangannya saat ini telah dimanfaatkan pula oleh ASN di seluruh Indonesia. Aries berharap ke depannya, semua daerah mempunyai visi yang sama sehingga tidak merugikan para ASN yang sudah bekerja bagus, sudah mengembangkan kompetensi yang bagus dan linier dengan karir yang ditempuh. “Saya berharap para pengelola pelatihan kepegawaian yang ada di  perangkat daerah di Kabupaten Malang ini, Insya Allah dengan kinerja yang sangat baik bersama dengan BKPSDM saling berkolaborasi memenuhi pengembangan kompetensi ASN nya masing-masing sehingga Kabupaten Malang yang saat ini sudah luar biasa makin luar biasa dengan berbagai inovasi dan kinerja yang semakin meningkat”  tutupnya.


Berita Lainnya