BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
PENILAIAN KOMPETENSI ASSESSMENT

22 October 2015



(22/10) "Assesmen merupakan salah satu kegiatan pengukuran, Assesmen sendiri berasal dari bahasa To Assess/Assessment yang artinya Menaksir/taksiran. Menurut James A. Mc. Lounghlin & Rena B Lewis, “Proses sistematika dalam mengumpulkan data seseorang yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan untuk menentukan apa yang sesungguhnya dibutuhkan. "

Adapun Pemerintah Kabupaten Malang pada tanggal 19,20 dan 21 Oktober 2015 telah melakukan Kegiatan Penilaian Kompetensi Assessment yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya Malang yang bertempat di Hotel Swiss Bell Inn di jalan Veteran Malang, Adapun kegiatan Assessment ini bertujuan untuk mewujudkan standar kompetensi jabatan pejabat struktural, membantu pimpinan dalam mengembangkan manajemen Pegawai Negeri Sipil berbasis Kompetensi dan melakukan penilaian kompetensi Kepemimpinan dilingkungan PNS khususnya PNS di Pemerintah Kabupaten Malang.

Para peserta yang  mengikuti kegiatan Assessment psikologis ini adalah para pejabat eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang sejumlah 131 PNS yang terdiri dari :

Eselon II-a    : 1 Orang
Eselon II-b    : 45 Orang
Eselon III-a    : 81 Orang
Eselon III-b    : 4 Orang 

Tes ini dilakukan selama 3 Hari berturut-turut, Pada tanggal 19 Oktober 2015 dilakukan tes tulis dan dilanjutkan dengan Forum Diskusi yang terbagi menjadi beberapa kelompok diskusi, dalam satu kelompok terdiri dari 6-8 orang. Acara dilanjutkan Pada keesokan harinya tanggal 20 Oktober 2015 yang dilanjutkan dengan tes wawancara bagi Pejabat Eselon II yang terkait materi presentasi tentang kekayaan dan potensi yang ada di Pemerintah Kabupaten Malang, berikut penjelasan pada Strength, Weakness, Opportunity, Threat terhadapt Kinerja Organisasi dan Potensi Wilayah di Area Kabupaten Malang beserta Renstra dan Bidang yang menjadi Ketertarikan dan minatnya.

Pada hari terakhir Assessmen Tanggal 21 Oktober 2015 dilanjutkan dengan tes wawancara bagi pejabat eselon III.


   


Berita Lainnya