BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
DEMI OPTIMALKAN PELAYANAN KESEHATAN, BKPSDM GELAR DIKLAT SERVICE EXCELLENT BAGI TENAGA KESEHATAN.

31 October 2019



Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Service Excellent di Aula Pusat Belajar Bersama MAN 2 Malang. Kegiatan yang diselenggarakan bagi 60 PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Malang ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono pada Kamis (31/10). Sedianya, kegiatan ini akan dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan kesatu sebanyak tiga puluh peserta dilaksanakan pada 31 Oktober 2019 sampai dengan 2 November 2019. Sementara angkatan kedua sebanyak tiga puluh peserta dilaksanakan pada 4 sampai dengan 6 November 2019.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Didik menyampaikan, service excellent merupakan bagian penting untuk meningkatkan citra pelayanan agar pelayanan berjalan maksimal. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 yang menyatakan bahwa pelayanan prima adalah pelayanan yang cepat, mudah, pasti, murah dan akuntabel. Namun demikian dalam pelaksanaannya penerapan strategi service excellent seringkali terkendala oleh minimnya kualitas sumber daya manusia. “Oleh karena itu, guna membentuk service excellent, diperlukan adanya proses terencana, salah satunya melalui diklat”, terang Didik.

 

Lebih lanjut menurut Didik. dalam pelaksanaan diklat ini, yang menjadi peserta adalah ASN yang berkecimpung di bidang kesehatan, tujuannya adalah agar dalam melaksanakan pelayanan bidang kesehatan benar-benar optimal. Kesehatan merupakan salah satu indikator penting dalam kemajuan suatu negara, karena jika masyarakatnya kesehatannya baik maka pembangunan suatu negara dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu, rumah sakit, klinik dan tempat pelayanan kesehatan lain juga harus dapat memenuhi harapan yang diinginkan oleh masyarakat tentang pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapannya.

 

Sebelumnya, Kepala BKPSDM, Nurman Ramdansyah dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun keterampilan komunikasi yang efetif dan menggali cara memahami dan menanggapi kebutuhan masyarakat. Lebih lanjut melalui diklat ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan dasar-dasar dalam memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada masyarakat dan membangun pentingnya sikap positif, termasuk juga kemampuan untuk membuat rencana pengembangan diri. (Bid. PPIA-BKPSDM)

 

 


Berita Lainnya