BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BKPSDM GELAR PELATIHAN SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH

10 November 2020



Sebagai salah satu implementasi dari reformasi kelembagaan dan reformasi manajemen publik menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), instansi pemerintah memiliki kewajiban untuk menerapkan sistem akuntabilitas kinerja terpadu yang dikenal dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Sistem ini juga merupakan infrastruktur bagi proses pemenuhan kewajiban instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan maupun kegagalan pencapaian misi organisasi.

 

Oleh karena itu, demi mewujudkan kesamaan persepsi dan pola pikir serta keselarasan pada perangkat daerah dalam penyusunan SAKIP sehingga memberikan kontribusi bagi penguatan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Malang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang menyelenggarakan Pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2020.

 

Bertempat di Kampus 2 Politeknik Pembangunan Pertanian Malang Pelatihan yang akan berlangsung selama 4 hari (10 s.d. 13 November 2020) ini diikuti oleh lima puluh orang Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan atau yang menangani SAKIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Malang. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat ini terbagi dalam dua sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh dua puluh lima peserta.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat dalam sambutannya saat membuka kegiatan pada Selasa pagi (10/11) menyampaikan bahwa dilasanakannya pelatihan ini merupakan momentum penting bagi perangkat daerah dalam rangka mewujudkan pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja sehingga dapat terwujud hasil yang baik di antaranya penyusunan rencana strategis, penyusunan perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, laporan kinerja dan evaluasi kinerja.

 

Lebih lanjut, Wahyu berpesan kepada seluruh peserta agar benar-benar memahami dan mendalami materi dengan kesadaran tinggi agar dapat mengaplikasikan ke dalam tugas sehari-hari, sehingga berpengaruh positif bagi aparatur di lingkungan kerja masing-masing dan mewujudkan good governance, penyelenggaraan pemerintahan yang profesional di Kabupaten Malang. (Bid. PPIA-BKPSDM Kabupaten Malang)


Berita Lainnya