BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BKPSDM GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN RENSTRA

29 March 2021



Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang menggelar Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Pemerintah Kabupaten Malang Tahun 2021 di El Hotel Grande Malang, Senin (29/3). Pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat ini dilaksanakan bermitra dengan Governance Laboratory Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.  

 

Dalam sambutannya, Sekda Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sebagaimana kita ketahui bersama, RENSTRA merupakan pedoman yang diharapkan dapat mendorong tumbuhnya Instansi Pemerintah yang efisien, efektif, dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya.

 

Menurut Wahyu, Penyusunan RENSTRA khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang sangat ditentukan oleh kemampuan Perangkat Daerah dalam mengimplementasikan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah serta berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang tahun 2021-2026.

 

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan bahwa dalam menyusun rencana pembangunan daerah yang berkualitas, aparatur pemerintah tentu dituntut harus memahami proses perencanaan dan juga penganggarannya. Selain itu komunikasi dan koordinasi yang baik juga diperlukan untuk memastikan agar tujuan, sasaran, program dan indikator-indikator lainnya sudah sesuai dan terintegrasi lintas Perangkat Daerah, dan lintas sektor, baik dari tingkat daerah hingga tingkat pusat.

“Oleh karena itu, dalam menyusun RENSTRA tentu perlu mempertimbangkan berbagai sudut pandang untuk menangani berbagai isu-isu pembangunan daerah. Sehingga RENSTRA harus disusun secara sistematis, agar dapat menggambarkan secara rinci terkait tujuan, strategi kebijakan dan program pembangunan termasuk indikator, beserta target yang ditetapkan,” urai Wahyu.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya Wahyu mengingatkan agar seluruh peserta pelatihandapat  mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin, sehingga benar-benar memahami dan mendalami materi yang nantinya dapat diaplikasikan pada saat penyusunan RENSTRA di masing-masing Perangkat Daerah. “Mudah-mudahan pelatihan penyusunan RENSTRA ini, juga mampu menjadi momentum penting bagi Perangkat Daerah, dalam rangka penyamaan persepsi dan pemahaman terkait penyusunan rencana strategis, sehingga roda pembangunan juga dapat berjalan beriringan demi Kabupaten Malang yang semakin maju dan berdaya saing. 


Berita Lainnya