BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BKPSDM GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN RENSTRA BAGI KECAMATAN

05 April 2021



 

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang kembali menggelar Pelatihan Penyusunan Rencana Straregis (RENSTRA) Pemerintah Kabupaten Malang Tahun 2021. Pelatihan Gelombang II ini diikuti oleh 33 kepala sub bagian perencanaan, evaluasi dan pelaporan atau yang menangani penyusunan RENSTRA pada kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

 

Kegiatan yang berlangsung hingga 8 April mendatang di El Hotel Grande ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun rencana strategis menggunakan program dan kegiatan, serta meningkatkan kualitas proses, kinerja dan keluaran rencana pembangunan melalui proses perencanaan pembangunan untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Lebih lanjut melalui pelatihan ini diharapkan akan terwujud kesamaan persepsi dan pola pikir serta keselarasan dalam penyusunan rencana strategis pemerintah.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Dra. Mursyidah, Apt., M.Kes.  mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Malang menyampaikan bahwa Penyusunan RENSTRA khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang sangat ditentukan oleh kemampuan Perangkat Daerah dalam mengimplementasikan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, serta berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang tahun 2021-2026.

 

Lebih lanjut Mursyidah menekankan bahwa penyusunan RENSTRA di tingkat kecamatan, sebagai kepanjangan tangan dari kepala daerah harus memahami kebutuhan masyarakat, serta responsif terhadap isu-isu penting yang sedang berkembang di wilayahnya, mengingat tuntutan masyarakat di setiap kecamatan tentunya akan berbeda-beda. “Maka, penyusunan RENSTRA di tingkat kecamatan tentunya harus sinergis dan terintegrasi lintas Perangkat Daerah, dan lintas sektor untuk memastikan agar tujuan, sasaran, program dan indikator-indikator lainnya sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang tahun 2021-2026” tegas Mursyidah.

 

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan RENSTRA yang menghadirkan narasumber dari Governance Laboratory Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Teacher Learning, Participation Training tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

 


Berita Lainnya