BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
LANTIK 39 PEJABAT FUNGSIONAL, BUPATI INGATKAN ASN UNTUK PERKUAT KOMITMEN 5K

06 April 2021



Bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, pada Selasa pagi (6/4), Bupati Malang Sanusi  melantik secara resmi 39 Pegawai Negeri Sipil yang akan menduduki jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Ketiga puluh sembilan jabatan fungsional tersebut terdiri dari Analis Kepegawaian, Pamong Belajar, Auditor, Pembimbing Kesehatan Kerja, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, Penilik, Administrator Kesehatan, Bidan, Perawat, Arsiparis, dan Penguji Kendaraan Bermotor. 

Usai memandu pengucapan sumpah jabatan para pejabat fungsional tersebut, dalam sambutannya, Sanusi pun menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat yang dilantik yang selanjutnya akan mengemban amanah dalam jabatan fungsional. Menurut Sanusi, seperti halnya jabatan struktural, jabatan fungsional juga merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terlebih, jabatan fungsional merupakan jabatan yang mengampu bidang tertentu sesuai keahlian masing-masing aparatur, dimana hal ini tentunya akan sangat besar kontribusinya bagi upaya mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Sanusi menyampaikan bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka penyederhanaan birokrasi. Dimana penyederhanaan birokrasi ini dimaksudkan untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis, agile, dan profesional dalam upaya peningkatan efektivitas, dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Menurut Sanusi, jabatan fungsional pada dasarnya mengacu pada sebuah profesionalisme, artinya jabatan fungsional ini dipercayakan kepada seseorang yang dianggap mampu untuk mengemban tugas secara profesional dan kompeten dibidangnya. “Untuk itu, saya berharap saudara yang dilantik pada jabatan fungsional ini mampu untuk memberikan kontribusi dan sumbangsih terbaiknya demi kemajuan kita bersama”, tegas Sanusi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sanusi berharap agar para pejabat fungsional yang baru dilantik dapat secepatnya menyesuaikan diri dan segera mempelajari tupoksinya, sekaligus berupaya untuk meningkatkan kompetensi, dengan terus belajar, selalu meningkatkan kemampuan dan semangat untuk mengabdi kepada Pemerintah dan masyarakat, serta meng-upgrade wawasan, sekaligus memperkuat komitmen untuk menerapkan 5K Budaya Kerja ASN Kabupaten Malang, yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Kerja Tuntas dan Kerja Prestasi.

 


Berita Lainnya