BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BKPSDM GELAR BIMBINGAN TEKNIS PENEGAKAN DISIPLIN PEGAWAI ASN

22 June 2021



Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penegakan Disiplin Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS yang dihadiri oleh  Sekretaris Badan/Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 22 Juni 2021 di Savana Hotel Malang.

Dalam sambutan pembukaannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa di era globalisasi ini, para ASN dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil serta bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Selain itu pegawai ASN dituntut tidak hanya disiplin dalam melaksanakan pekerjaan, tapi juga berhubungan dengan nilai dan norma perilaku tertib dalam kehidupan bermasyarakat.

Lebih jauh Wahyu menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilan suatu organisai tidak hanya ditentukan oleh mutu profesionalitas semata, namun juga ditentukan oleh disiplin anggotanya. Disiplin pegawai merupakan gambaran perilaku seorang pegawai terhadap pekerjaannya yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap kewajiban serta menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan. Bentuk pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap kewajiban dan larangan tersebut merupakan bentuk indisipliner dan harus segera dijatuhi hukuman disiplin sebagai bentuk pembinaan kepada ASN yang melakukan pelanggaran agar timbul rasa jera dan tidak mengulangi perbuatannya.

Di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang, penegakan disiplin ASN dilakukan secara berjenjang dimulai dari atasan langsung hingga Bupati Malang sesuai kewenangan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di antaranya PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri. (Bid. PPIA-BKPSDM)


Berita Lainnya