BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BUKA LATSAR CPNS, SEKDA INGATKAN ASN RESPONSIF DAN INOVATIF

16 July 2021



 

 

Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang telah resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Jumat (16/7). Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum mereda, maka Pelatihan Dasar kali ini juga dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, melalui penerapan metode Blended Learning, yakni menggabungkan metode Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, dan pembelajaran secara klasikal.

 

Tidak hanya sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, Pelatihan Dasar ini merupakan salah satu prasyarat agar nantinya seorang CPNS dapat diangkat sebagai seorang PNS.

 

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa pelaksanaan Latsar ini  pada dasarnya merupakan modal awal untuk mewujudkan peningkatan kinerja ASN menuju terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Dengan perubahan zaman yang semakin dinamis tentu tantangan yang dihadapi ASN juga menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu, jajaran ASN juga tidak boleh berpangku tangan dan hanya jalan di tempat dengan sekadar menggugurkan kewajiban sebagai seorang ASN semata. “Saat ini ASN dituntut lebih responsif, antisipatif, inovatif sekaligus siap dengan segala kondisi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat”, urai Wahyu. Lebih lanjut Wahyu menyampaikan bahwa untuk mencetak ASN sebagaimana diharapkan, maka sejak awal bertugas harus dibekali dengan berbagai keilmuan, wawasan dan pola pikir yang mengarah pada pola pikir ASN modern, dimana hal ini salah satunya dapat dibentuk melalui penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS.

 

Sebagai informasi, Latsar ini diikuti oleh 480 orang CPNS golongan II dan III yang terbagi menjadi 3 gelombang pelaksanaan. Untuk pelaksanaan gelombang I, pelatihan dilaksanakan dengan metode distance learning mulai tanggal 10 Mei sampai dengan 15 Juli 2021 bertempat di instansi masing-masing peserta kemudian dilanjutkan dengan metode klasikal sampai dengan tanggal 23 Juli 2021. Gelombang II pelatihan dilaksanakan dengan metode distance learning mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 12 Agustus 2021 bertempat di instansi masing-masing peserta kemudian dilanjutkan dengan metode klasikal sampai dengan tanggal 19 Agustus 2021. Sedangkan untuk gelombang III, pelatihan dilaksanakan dengan metode distance learning mulai tanggal 12 Juli sampai dengan 13 September 2021 bertempat di instansi masing-masing peserta kemudian dilanjutkan dengan metode klasikal sampai dengan tanggal 20 September 2021.

 

Lebih lanjut,  Latsar tahun 2021 ini akan berlangsung selama 74 hari kerja  atau 647 jam pelajaran (JP), dengan rincian distance learning 22 hari kerja (217) JP di tempat penyelenggaraan dan 30 hari kerja (320 JP) di instansi asal peserta secara virtual (dalam jaringan) dan pembelajaran klasikal secara virtual. Materi yang disampaikan terdiri dari empat agenda mata pelatihan yaitu Sikap Perilaku Bela Negara (Agenda I), Nilai-nilai Dasar PNS (Agenda II), Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI (Agenda III), dan Habituasi (Agenda IV). Pengajar dan narasumber adalah tim widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, narasumber dari Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara TNI AD dan narasumber dari Pemerintah Kabupaten Malang.

 

Berikut rincian perangkat daerah asal peserta CPNS tahun 2021

1

INSPEKTORAT DAERAH

2

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

3

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

4

BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH

5

BADAN PENDAPATAN DAERAH

6

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

7

BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

8

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

9

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

10

DINAS KESEHATAN

11

DINAS PENDIDIKAN

12

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

13

DINAS KETAHANAN PANGAN

14

DINAS LINGKUNGAN HIDUP

15

DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

16

DINAS PEKERJAAN UMUM BINA MARGA

17

DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA

18

DINAS PERTANAHAN

19

DINAS PERHUBUNGAN

20

DINAS PERIKANAN

21

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

22

DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

23

DINAS SOSIAL

24

DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN

25

DINAS TENAGA KERJA

26

SEKRETARIAT DAERAH

27

SEKRETARIAT DPRD

28

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

29

KECAMATAN NGANTANG

30

KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN

31

KECAMATAN TAJINAN

32

KECAMATAN TIRTOYUDO

33

KECAMATAN WAGIR

34

RSUD KANJURUHAN

35

RSUD LAWANG

 

(Bid. PPIA – BKPSDM)


Berita Lainnya