BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
PELAKSANAAN SKD CASN KABUPATEN MALANG TAHUN 2021

25 September 2021



Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Malang mulai digelar sejak Sabtu (25/9). Pelaksanaan SKD ini akan berlangsung hingga 12 Oktober mendatang. Sebanyak 7933 peserta dijadwalkan akan mengikuti SKD yang setiap harinya terbagi dalam 3 sesi dan masing-masing sesi diikuti oleh 164 peserta.

Kepala BKPSDM, Nurman Ramdansyah berkesempatan memberikan arahan singkat kepada peserta ujian sesi I. Nurman menekankan bahwa para peserta yang hadir pada hari ini adalah orang-orang terpilih, yang berhasil lolos dalam seleksi administrasi. “Saudara-saudara ini adalah orang-orang yang beruntung karena berhasil lolos, karena di luar sana banyak pelamar yang bahkan dari segi administrasi saja sudah tidak memenuhi syarat.”

Dalam SKD terdapat beberapa tiga materi yang akan diujikan yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Penilaian TKP meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi dan profesionalisme. Penilaian TWK meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan, nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia. Sedangkan penilaian TIU meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Sebagai informasi, dalam proses penerimaan CASN Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Malang menerima 14.097 pelamar terdiri atas 9400 pelamar  yang akan mengisi 354 formasi CPNS, 327 pelamar  untuk mengisi 125 formasi PPPK non guru dan 4370 pelamar  yang sedianya akan mengisi 2081 formasi PPPK Guru. Pada pelaksanaan hari pertama, sebanyak 76 peserta tidak menghadiri jadwal ujian.


Berita Lainnya