BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
LANTIK PEJABAT STRUKTURAL, BUPATI MALANG: TIDAK ADA UNSUR LIKE DAN DISLIKE DALAM MENENTUKAN PROMOSI ATAU MUTASI

19 November 2021



 

Bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Bupati Malang Sanusi memimpin kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrasi dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang pada Jumat (18/11).

 

Mengawali sambutannya, Bupati menyampaikan selamat kepada para PNS yang telah dilantik dan diambil sumpah pada hari ini. Secara khusus Bupati menekankan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas merupakan salah satu prosedur atau tahapan formal dalam ranah manajemen birokrasi yang dilakukan sebagai bentuk legalitas dan penegasan atas tugas pokok dan fungsi bagi para pejabat yang mengalami promosi atau mutasi jabatan. Sehingga pada tahap selanjutnya dapat segera melakukan adaptasi sekaligus akselerasi pada aspek administrasi dan pelayanan publik di organisasi kerjanya masing-masing.

 

Lebih lanjut, Bupati menegaskan bahwa tidak ada istilah transaksional dan instan dalam menentukan jabatan, semua ditentukan sesuai dengan kompetensi dan keahliannya, serta harus melalui proses yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan rotasi, mutasi dan promosi jabatan, merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Hal ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Tidak ada unsur ‘like’ dan ‘dislike’ dalam menentukan promosi atau mutasi jabatan, karena kita harus benar-benar melihat bagaimana “track record”’ atau rekam jejak para PNS, yang tentunya harus mumpuni dan mampu untuk memenuhi kompetensi jabatan yang memang tengah dibutuhkan oleh organisasi. (BKPSDM)


Berita Lainnya