BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN


SUMBER DAYA MANUSIA

Detail Berita


 
BKPSDM GELAR DIKLAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH TAHUN 2021

06 December 2021



BKPSDM Kabupaten Malang menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penatausahaan Keuangan Daerah Angkatan I dan II Tahun 2021. Bertempat di Aula Kampus 2 Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, kegiatan yang berlangsung hingga 10 Desember mendatang ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, Wahyu Hidayat, Senin (6/12).

Dalam sambutan pembukaannya di hadapan delapan puluh peserta, Wahyu menyampaikan betapa pentingnya posisi keuangan daerah dalam pembiayaan berbagai kegiatan program pembangunan dalam rangka pemerataan dan laju pertumbuhan daerah. Menurut Wahyu, agar keuangan daerah berfungsi secara optimal, maka pemerintah daerah dituntut untuk mampu setidaknya menutupi belanja rutin dengan pendapatan asli daerah, di samping membiayai penyelenggaraan urusan rumah tangganya sendiri.

Lebih lanjut, Wahyu menekankan bahwa dalam penetapan alokasi serta distribusi penggunaan anggaran harus berlandaskan pada prinsip disiplin anggaran. Dimana pendapatan yang direncanakan merupakan hasil perkiraan terukur secara rasional yang dapat dicapai untuk setiap sumber pendapatan, sedangkan belanja yang dianggarkan merupakan batas tertinggi pengeluaran belanja. Intinya “pengeluaran harus didukung dengan adanya kepastian penerimaan dalam jumlah yang cukup”, tegas Wahyu.

Melalui Pendidikan dan Pelatihan Penatausahaan Keuangan Daerah ini para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan daerah khususnya dalam hal penatausahaan keuangan daerah sehingga usai diklat ini para peserta dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengelola keuangan yang akuntabel, transparan, partisipatif dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Berita Lainnya